Senin, 04 April 2011

SBI --> CLIL methode

CLIL: Content and Language Integrated Learning
(The Core Method of International Standardized Schools)

Program Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) dibeberapa tahun terakhir ini ramai diperbincangkan dalam dunia pendidikan Indonesia. Terlepas dari alasan mengapa ini harus diterapkan dalam  dunia pendidikan di Indonesia, adanya program ini telah menuntut pada meluasnya peran penggunaan bahasa inggris, karena bahasa inggris sebagai foreign language digunakan sebagai bahasa pengantar dalam menyampaikan pelajaran. Dan sebagai mahasiswa pendidikan bahasa inggris, sedikit banyak harus faham tentang hal ini.

Penggunaan bahasa asing dalam mengajarkan suatu pelajaran sudah lama dikenal dalam dunia pendidikan dan dikenal dengan istilah  Content and Language Integrated Learning (CLIL). Inilah yang merupakan inti dari sebuah program Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) di Indonesia. Istilah ini, berdasarkan pada suatu sumber, mulai dikenal pada tahun 1994 dan mulai popular akhir-akhir ini di Eropa dan Asia. Jadi, boleh dikatakan bahwa Indonesia sedikit terlambat dalam menerapkannya. Hehehehe… (tapi, menurut saya, tidaklah terlambat untuk diterapkan di Indonesia. Tidak terlambat pula bila harus dipelajari saat ini bagi kita semua.).

Dengan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar dalam mengajarkan sebuah pelajaran maka ada dua tujuan utama dalam pelaksanaan pembelajaran, yaitu menguasai pelajaran yang bersangkutan (pertama) dan secara  otomatis belajar bahasa asing yang digunakan dalam pembelajaran (kedua).
Please upgrade kemampuan guru dalam berbahasa inggris for classroom!

Namun bukan hanya inilah yang harus diketahui oleh kita yang mungkin bisa dikatakan baru dalam mengenalnya. Masih banyak hal lain yang harus diketahui berkaitan dengan CLIL. Silahkan explore terus apa sih sebenernya CLIL ntuh. Kita bisa mempelajari tentang apa sih CLIL?, apa yang harus dan tidak harus diperhatkan, mengapa bahasa inggris yang digunakan (tidak bahasa lain), bagaimana materi yang harus disampaikan, apa tips2nya, dan masih banyak yang lain. Saya yakin dengan melihat kecenderungan program pendidikan saat ini di Indonesia, pengetahuan kita tentang CLIL ini akan banyak manfaatnya. Saya pun mohon utk saling disharingkan pengetahuan dan pengalaman anda tentang hal ini pada siapapun khususnya pada orang2 yang berkaitan langsung dengan pendidikan. Semoga Allah meridhoi ilmu yang kita miliki untuk kebaikan semua. Amiin.

0 komentar: