Senin, 04 April 2011

Puasanya Anak Kecil


Bolehkah anak kecil dilarang berpuasa?
Puasa ramadhan tidak diwajibkan kepada mereka yang belum dewasa. Dalam hadits disebutkan: ”Tiga orang yang tidak tercatat melakukan dosa : (1) Anak-anak kecuali telah dewasa; (2) orang tidur kecuali telah bangun; (3) orang gila kecuali telah sadar .” (HR. Ahmad).

Kewajiban puasa pada anak dapat dikiaskan pada kewajiban shalat yang telah diperintahkan oleh Nabi agar anak itu dipukul jika tidak mau bersholat pada usia 10 tahun. Tidak ada perbedaan pendapat tentang tidak wajibnya berpuasa bagi anak-anak yang umurnya kurang dari 10 tahun. Hanya saja, sebaiknya anak-anak kecil itu dilatih berpuasa atau shalat atau ibadah-ibadah lainnya. Sebab Nabi menyuruh kepada orang tua agar memerintahkan anak-anaknya untuk sholat pada umur 7 tahun. Disamping itu, para sahabat Nabi telah melatih anak-anaknya untuk berpuasa dan bershalat di masjid.

Anak-anak yang tidak sehat badannya maka sebaiknya dibiarkan sekehendaknya sendiri jika akan melatihnya puasa. Nantinya, jika anak itu kuat berpuasa maka boleh diteruskan dan jika sebaliknya maka boleh tidak berpuasa.

Dan ada hal yang juga penting untuk diperhatikan oleh orang tua yaitu bahwa orang tuanya perlu memuji anak-anaknya yang kuat berpuasa, dengan harapan dapat mengikuti dan menjalankan ajaran Islam dengan baik. Waallohu a’lam...

(catatan pribadiku)

0 komentar: