Minggu, 03 April 2011

Cinta dan Kehormatan

cinta dan kehormatan

Muda-mudi saat ini banyak yang berbicara tentang cinta. Banyak pula bertingkah laku dengan cinta dan pula atas nama cinta.
Di masa lalu cinta adalah hal yang sangat terhormat, sedemikian terhormatnya sehingga cinta hampir-hampir dirahasiakan. Cinta diungkapkan dalam surat-surat cinta yang disampaikan oleh orang yang sangat dipercaya bahkan dikirim oleh burung-burung merpati yang amat terlatih. Surat-surat itu ditulis dengan menggunakan air mata dan tinta, atau tinta yang dicampur dengan sedikit ludah atau bahkan darah. Berisikan untaian kata yang indah. Lalu dikemas dengan sedemikian rupa sehingga bukan saja terlihat indah, namun pula sangat rahasia.
Cinta masa lalu adalah emosi yang meluap-luap tetapi penuh kesucian dan kehormatan. Karena itu, betapapun hangatnya cinta, kehormatan selalu mengarahkan cinta ke arah yang wajar karena kehormatan lebih kuat daripada cinta. Ini pulalah yang menjadikan para pencinta saling menjaga kehormatannya dan mengindahkan nilai-nilai budaya yang berlaku.

0 komentar: